forum guru sejarah kendal

sebuah wadah bagi guru sejarah dan pemerhati budaya untuk memperbincangkan dunia kesejarahan, mengembangkan wawasan kebhinekaan, dan menerabas sekat primordial yang sesat, agar mampu mencipta kebersatuan negeri ini tanpa pernah menepis keperbedaan kesukuan, kultur, bahasa, dan tradisi.

Senin, 19 Oktober 2009

TRADISI DAN SEJARAH LOKAL

Sejarah kerap dimaknai sebagai peristiwa masa lalu yang unik dan berskala besar saja. Masyarakat secara tidak sadar bersepakat tentang konsep sejarah yang demikian ini. Hal ini dapat disadari mengingat sebagian masyarakat kita sedari awal memang tidak mendapatkan peemahaman sejarah yang seutuhnya. Berbagai muatan pelajaran di bangku sekolah dasar ditambah dengan pemberian pendidikan sejarah yang terfokus pada hafalan fakta masa lalu peristiwa politik Indonesia telah berhasil mempersepsikan sejarah secara sepihak ini.


Seringkali pula ada ketidaksadaran kita untuk melihat fungsi tradisi sebuah masyarakat sebagai basis pemahaman sejarah kultural suatu masyarakat. Padahal dengan mencoba mengeksplorasi tradisi masyarakat acapkali akan banyak data-data masa lalu lokalitas sebuah masyarakat akan tergali dengan baik. Dengan kata lain, banyak bahan-bahan cerita yang berbentuk folklor, mitos, dan legenda sebagai upaya melihat eksistensi suatu masyarakat pada masa lalu.

Oleh karena itu tulisan ini mencoba menghubungakan ragam tradisi lokal sebagai bahan untuk mengungkap sejarah lokal. Dengan pengungkapan tradisi sebagai sumber sejarah siapa tahu ada usaha pemerintah untuk menjadikan banyaknya tradisi sebagai titian mengeksplorasi kekayaan masa lalu suatu daerah.

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda