forum guru sejarah kendal

sebuah wadah bagi guru sejarah dan pemerhati budaya untuk memperbincangkan dunia kesejarahan, mengembangkan wawasan kebhinekaan, dan menerabas sekat primordial yang sesat, agar mampu mencipta kebersatuan negeri ini tanpa pernah menepis keperbedaan kesukuan, kultur, bahasa, dan tradisi.

Minggu, 14 Juni 2009

SOFT SKILL DALAM MUATAN SEJARAH

Pada prinsipnya, globalisasi menuntut perubahan di segala aspek kehidupan manusia. Perubahan dengan sendirinya akan menuntut aspek apa saja yang harus disesuaikan dengan pola-pola kehidupan yang terjadi pada masa kini. Demikian pula yang terjadi pada pendidikan di sekolah, melalui kurikulum yang ada akan terlihat beragam perubahan yang diarahkan dengan tuntutan pasar dan masyarakat global. Kurikulum mau tidak mau selalu mengalami beragam perubahan agar dapat menyesuaikan dengan keadaan dunia, lingkungan, dan selera masyarakat setempat. Jika pelajaran-pelajaran di bangku sekolah yang berbau hard science mengalami perubahan kurikulum barangkali hal itu adalah sesuatu yang wajar mengingat substansi ilmu dan aplikasinya yang secara langsung dirasakan masyarakat. Akan tetapi, jika yang harus mengalami perubahan adalah muatan dalam materi pembelajaran sejarah ini adalah sesuatu yang benar-benar baru bahkan terasa aneh di telinga kita.


2 Komentar:

Blogger @bHiL&@cHuL mengatakan...

Tolong Kasih masuk foto situs candi dikendal dong pak.... Biar saya yang dari bima dapat melihat bentuknya

21 Oktober 2009 pukul 08.31  
Blogger FORUM GURU SEJARAH mengatakan...

Terima kasih atas responnya. Pada dasarnya banyak situs candi di wilayah Kendal bagian atas. Kami sudah pernah melakukan penelitian kecil-kecilan tentang hal itu. Observasi dan referensi tertulis sudah pernah kami lakukan. semuanya terdokumentasikan dengan baik. Sebentar lagi foto-foto tersebut kami upload.

8 Februari 2010 pukul 23.06  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda