forum guru sejarah kendal

sebuah wadah bagi guru sejarah dan pemerhati budaya untuk memperbincangkan dunia kesejarahan, mengembangkan wawasan kebhinekaan, dan menerabas sekat primordial yang sesat, agar mampu mencipta kebersatuan negeri ini tanpa pernah menepis keperbedaan kesukuan, kultur, bahasa, dan tradisi.

Kamis, 06 Agustus 2009

AGENDA KEGIATAN MGMP SMA TAHUN 2009/2010 KABUPATEN KENDAL

Selama tiga tahun ini, MGMP sejarah mengalami kevakuman kegiatan. Selama ini tidak ada pertemuan yang membahas persoalan guru dan kegiatan pembelajaran di kelas. Guru-guru sejarah kebingungan ketika setiap tahun ajaran baru menjelang, ada saja persoalan yang datang silih berganti. Oleh karena itu agar masalah tersebut tidak terulang lagi, dalam satu tahun ke depan, MGMP Sejarah sudah menyiapkan agenda dan jadual penyelenggaraan kegiatan MGMP.

Adapun tempat penyelenggaraan MGMP setiap bulannya dan agenda apa yang harus dibahas tersebut terlampir sebagai berikut:


1. Pertemuan MGMP bulan Oktober 2009 bertempat di SMA 1 Cepiring, membahas pengembangan silabus dan RPP, di mana pembahasan RPP kelas x anggotanya adalah Diah Retnowati, Muslichin, Nikmah, Agung dan Endang Kumalawati. Pembahasan kelas XI IPS anggotanya adalah Enny Boedi Oetami, Jumono, Tuti Handayani, sedangkan RPP kelas XI IPA anggotanya Sri Puji Lestari, Tjiptoro, dan Purwanto. Pembahasan RPP kelas XII adalah Indayani Sumartini, Eka Yuli, Sri Sumarni. Pembahasan RPP Program bahasa: Yulianto dan Agus Kristanto.


2. Pertemuan MGMP bulan Nopember 2009 bertempat di SMA 1 Pegandon, yang membahas pengembangan bahan ajar (modul) untuk semester dua.


3. Pertemuan MGMP bulan Desember 2009 bertempat di SMA 1 Boja yang membahas tentang Pembentukan MSI (Masyarakat Sejarawan Indonesia) cabang Kendal.


4. Pertemuan MGMP bulan Januari 2010 bertempat di SMA 1 Kaliwungu, yang membahas tentang Kepanitiaan Studi Banding dan Program Wisata Sejarah di Mojokerto Jawa Timur.


5. Pertemuan MGMP bulan Pebruari 2010 bertempat di SMA 1 Sukorejo yang membahas tentang penggunaan IT dalam Pembelajaran Sejarah.


6. Pertemuan MGMP bulan Maret 2010 bertempat di SMA PGRI Kendal membahas tentang Diklat Bahasa Inggris untuk Guru Sejarah. Tutor dari Unnes.


7. Pertemuan MGMP bulan April 2010 di SMA 1 Singorojo membahas tentang Seminar Sejarah Lokal.


Demikian agenda kegiatan dalam tahun ajaran 2009/2010. Sangat mungkin pada saatnya nanti ada beberapa perubahan kecil yang menyangkut kegiatan apa yang harus terlaksana lebih dahulu. Namun demikian, agenda kegiatan ini menjadikan guru sejarah SMA menjadi sangat optimis bahwa kegiatan MGMP akan tetap terlaksana secara kontinuitas dan terus-menerus.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda