forum guru sejarah kendal

sebuah wadah bagi guru sejarah dan pemerhati budaya untuk memperbincangkan dunia kesejarahan, mengembangkan wawasan kebhinekaan, dan menerabas sekat primordial yang sesat, agar mampu mencipta kebersatuan negeri ini tanpa pernah menepis keperbedaan kesukuan, kultur, bahasa, dan tradisi.

Selasa, 02 Februari 2010

SPIRIT DAN AKTUALISASI KESEJARAHAN UNTUK PEMAHAMAN RASA KEBANGSAAN*

Apabila bercakap tentang sejarah, pasti yang terlintas adalah kejadian masa lalu yang terkait kehidupan manusia. Namun demikian tidak semua peristiwa masa lalu menjadi sejarah, sejatinya hanya peristiwa yang mempunyai makna istimewa bagi kehidupan berbangsa yang menarik perhatian dunia kesejarahan.

Dewasa ini ada tanda-tanda bahwa masyarakat Indonesia sudah mengabaikan peran penting sejarah dalam kehidupan. Mereka menganggap bahwa sejarah adalah ilmu yang tidak perlu dipelajari dan dipandang sebelah mata saja. Buktinya, dalam kurikulum pendidikan kita, sejarah sering menyatu dengan mata pelajaran PKn atau IPS lainnya serta mendapatkan porsi jam pelajaran yang minim.

*Penulis adalah Dra. Eko Heri Widiastuti, M.Hum. Tulisan ini adalah hasil ringkasan makalah beliau yang disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi, Pemberdayaan, dan Fasilitasi Lembaga Organisasi Kesejarahan yang diselenggarakan oleh Seksi Kesejarahan Bidang Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah di Ungaran 23-25 Maret 2009.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda