forum guru sejarah kendal

sebuah wadah bagi guru sejarah dan pemerhati budaya untuk memperbincangkan dunia kesejarahan, mengembangkan wawasan kebhinekaan, dan menerabas sekat primordial yang sesat, agar mampu mencipta kebersatuan negeri ini tanpa pernah menepis keperbedaan kesukuan, kultur, bahasa, dan tradisi.

Selasa, 02 Februari 2010

MEWACANAKAN SEJARAH MASA LALU, KINI, DAN ESOK*

Dewasa ini, sejarah semakin ditinggalkan oleh sebagian masyarakat. Kehidupan yang pragmatis memberi ruang yang sempit untuk berpikir reflektif dan futuristik. Mereka terperangkap dalam budaya sesaat yang menekankan pada sesuatu yang bersifat materialistik. Dalam konteks yang demikian, kesadaran masa lalu dan bayangan masa depan yang hendak dilalui tidak berkembang.


Dalam masyarakat yang tidak mempunyai kesadaran historis tersebut akan melahirkan generasi yang cacat secara sosial dan budaya karena kehilangan identitas dan jati dirinya. Situasi ini menjadikan generasi bangsa tersebut menjadi rapuh, mudah dipengaruhi bangsa lain, dan tidak mempunyai kebanggaan yang dapat dijadikan modal dasar membangun masa depannya.

Pada dasarnya tugas sejarawan adalah menemukan, melukiskan, dan menerangkan. Masa lalu hanya sekali terjadi dan hilang ditelan waktu. Masa lalu dapat dihidupkan kembali melalui rekonstruksi sejarah yang dilakukan sejarawan. Usaha rekonstruksi masa lalu dimulai dari menemukan dan mengumpulkan sumber, menyeleksi data, membangun fakta, menyusun kisah dan menerangkannya. Hasilnya dituangkan ke dalam bentuk tulisan sejarah. Itulah tahapan kerja sejarawan yang mesti dilalui untuk menemukan apa yang kemudian disebut "inilah sejarah."

*Penulis adalah Dr. Warto, M.Hum (Dosen Sejarah UNS Solo). Tulisan ini adalah hasil ringkasan dari makalah beliau dalam kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan dan Fasilitasi Lembaga Organisasi Kesejarahan oleh Seksi Kesejarahan Bidang Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah 23-25 Maret 2009 di P2PNFI Regional II Jl Diponegoro 250 Ungaran.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda