forum guru sejarah kendal

sebuah wadah bagi guru sejarah dan pemerhati budaya untuk memperbincangkan dunia kesejarahan, mengembangkan wawasan kebhinekaan, dan menerabas sekat primordial yang sesat, agar mampu mencipta kebersatuan negeri ini tanpa pernah menepis keperbedaan kesukuan, kultur, bahasa, dan tradisi.

Kamis, 11 Oktober 2012

Kemah Budaya Tahun 2012 di Gonoharjo Limbangan Kabupaten Kendal

Sebuah kegiatan rekreatif yang bernuansa historis sering dilaksanakan dalam rangka mengembangkan minat pelajar atau pemuda terhadap khasanah budaya lokal mereka. Rasa kebanggaan sebagai anggota masyarakat selayaknya mulai dibangun dengan berbagai cara agar masyarakat mengenal produk budaya dan sejarah masyarakatnya sendiri. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Kendal dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata perlu menggalakkan pengenalan kebudayaan dan sejarah lokal melalui Kemah Budaya Pelajar dari tanggal 12 s/d 14 Oktober 2012 di tempat wisata Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. 

Agaknya, semangat panitia penyelenggara diilhami oleh konsepsi Nugroho Notosusanto maupun C. P. Hill tentang kegunaan sejarah. Menurut mereka kegunaan sejarah lebih ditujukan pengembangan dan pewarisan kebudayaan dari masa lalu kepada generasi muda sekarang melalui serangkaian kegiatan edukatif yang mampu memberikan rasa inspirasi, instruktif, dan rekreatif anak muda. Kemah Budaya merupakan produk alternatif yang cerdas manakala mereka mengalami kebosanan ketika harus berkutat pada buku-buku pelajaran sejarah yang hanya berderet angka dan tahun peristiwa semata.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda